Economy KOTA LUBUKLINGGAU SUMATERA SELATAN

Kelurahan Muara Enim Gelar Acara Rembug Warga (Musrenbang) Tingkat Kelurahan Tahun Anggaran 2023

0 0
Read Time:2 Minute, 45 Second

Kota Lubuk linggau | BuanaPost.com – Kamis, (03/02/2022). Pemerintah kelurahan Muara Enim Kecamatan Linggau Barat 1. Menggelar acara rembug warga tingkat kelurahan (Musrenbang) untuk Tahun 2023, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tingkat kelurahan.

Setelah menjalani proses rembug warga untuk kegiatan pembangunan kedepan untuk kegiatan fisik ada 3 item yaitu :

  1. Pembangunan Drainase.
  2. Lampu penerangan jalan di lorong-lorong.
  3. Peningkatan jalan.

Selain dari fisik untuk pemberdayaan agar mengadakan pelatihan-pelatihan kepada pemuda maupun karang taruna kelurahan muara enim.

Acara tersebut di gelar di kantor kelurahan Muara Enim. Kamis (03/02/22). Alhamdulillah berjalan dengan hikmat. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam implementasi Rencana Pembangunan di tingkat kelurahan.
Jangka menengah (RPJM), perencanaan pembangunan Tahun 2023.
kegiatan ini merupakan dari Program kegiatan RPJM. Musyawarah perencanaan pembangunan merupakan rangkaian acara penyusunan RKP yang dimulai dari Proses Musyawarah per RT di lanjutkan ke tingkat kelurahan, serta nanti di lanjutkan ketingkat kecamatan. Perencanaan Pembangunan Tahunan yang akan di laksanakan untuk tahun kedepannya, serta mengacu pada rencana strategis (RENSTRA) kelurahan.

“Adapun Kegiatan tersebut yang dihadiri pihak kecamatan, yang di wakili (sekretaris camat linggau barat 01 beserta staf.), ber kesempatan hadir anggota DPRD Lubuklinggau Dapil 1 Hendi Budiono.
Lurah muara enim Hj Luluk Kholifah, A.Md. beserta staf kelurahan. Dan hadir juga dari dinas kesehatan pihak puskesmas linggau barat 01, ketua LPM kecamatan, Ketua LPM kelurahan yang di wakili waka 1 Joni Gitar dan Anggota, serta ketua-ketua rukun tetangga (RT) kelurahan muara enim.
toko adat, toko agama, toko pemuda, toko wanita, berserta toko masyarakat kelurahan muara enim.

Tujuan Musrenbang ini untuk menampung aspirasi masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan pada tingkat rukun tetangga (RT), menetapkan prioritas kegiatan yang akan dibiayai oleh APBD atau sumber pendanaan lainnya serta menetapkan prioritas kegiatan yang akan diajukan untuk dibahas pada Musrenbang Kecamatan.

Pada kesempatan ini lurah muara enim, Hj Luluk Kholifah.A.Md. Menyampaikan kata sambutannya, bahwa kegiatan Musrenbang (Rembug warga) merupakan salah satu wadah dalam menyusun program kelurahan di semua bidang, selain itu juga ia menerangkan bahwa Musrenbang (Rembug Warga), sangat penting di gelar, dengan tujuan untuk menyusun rencana anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya. Jelasnya.

Selain dari pada itu juga ia mengharapkan kepada para undangan beserta ketua RT masing-masing, silakan mengusulkan apa saja yang menjadi usulan-usulan pembangunan kedepannya. Dan nanti apa saja yang menjadi prioritas serta yang utama bagi warga. Kami pihak kelurahan bisa menampung aspirasi masyarakat, setelah melalui proses rembug warga sudah di tetapkan melalui RT masing – masing ada 3 (tiga) item fisik pembangunan yang prioritas yaitu :

  1. Pembuatan Drenase.
  2. Penerangan lampu jalan di lorong- lorong.
  3. Peningkatan jalan lingkungan.

Selain dari pada fisik bangunan bidang pemerdayaan, agar mengadakan pelatihan-pelatihan kepada pemuda yang putus sekolah (tidak melanjutkan sekolah)

Yang nanti beberapa aitem di atas nanti kami pihak kelurahan akan melanjutkan
melalui Musrenbang ke tingkat kecamatan.

Di tempat yang sama, pihak kecamatan yang di wakili sekretaris camat (Sekcam) menerangkan bahwa yang mana menjadi prioritas, dan yang lebih penting pembangunannya. Asalkan tidak melenceng dari aturan yang berlaku, kami pemerintah kecamatan hanya menerima apapun yang akan menjadi usulan masyarakat kelurahan.

Dan itu juga ia menyampaikan kepada lurah untuk nantinya tahapan selesai agar dilaksanakan TPM. Serta menyusun laporan apapun format dan bentuk administrasi yang harus di buat serta di laporkan ke pihak kecamatan serta berita acara, yang nanti melalui Musrenbang ke tingkat kecamatan serta tingkat kota. tutupnya.


Jurnalis : Jhonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.