BERITA UTAMA Economy KABAR DESA KABUPATEN MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN WISATA

Objek Wisata Danau Tiban Tirta Mulya Dengan Nuansa Panorama Alam Sangat Terkesan Di Pandang.

0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

Musi Rawas | BuanaPost.comObjek wisata Danau Tiban Tirta Mulya yang berada di desa Sukomulyo, Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.

Dalam pengembangan dan kemajuan sebuah Desa, Pemerintah desa membutuhkan mitra untuk menjalankan roda pemerintahan. SDM dan SDA menjadi sebuah nilai tambah bagi suatu desa maupun daerah, kedua hal ini akan dapat menunjang dalam pembangunan infrastruktur serta siklus ekonomi ditengah masyarakat Desa.

BUMDes sebagai lembaga yang memimpin Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) merupakan sebuah badan atau lembaga yang dikenal dengan badan usaha milik desa dalam UU NO 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Desa diberikan wewenang untuk mengelola sumber daya alam melalui BUMDes sehingga desa mempunyai kemandirian dalam mengelola sumber daya alam skala desa. Melalui metode pendekatan kualitatif peneliti ini mengkaji bagaimanakah pemanfaatan atau pengelolaan lahan.

Objek wisata Danau Tiban Tirta Mulya sendiri awalnya tempat tambang pengalian pasir, namun atas kejelian kepala desa serta pemerintah desanya, serta di dukung oleh masyarakat desa. Suharyanto selaku kepala Desa Sukomulyo awalnya bekas tambang pasir yang tidak berfungsi manfaatnya, atas kejelian beliau serta Pemdes, tambang kosong tersebut di jadikan spot objek wisata yang indah.

Saat di jumpai awak media Suharyanto, Ia menerangkan serta menjelaskan apa saja yang menjadi andalan di objek wisata Danau Tiban Tirta Mulya untuk spot-spot yang bisah di pasarkan yaitu : 

  1. Ada taman rumput (Padang Rumput Tirta Mulya). Sangat indah untuk berpoto/ ber-selfie maupun untuk prewedding outdoor sebuah pernikahan.
  2. Ada bermacam-macam permainan dari anak-anak hingga dewasa. Seperti perahu, bebek, mobil mainan dan lainnya. Bahkan ada untuk pemancingan orang dewasa serta juga menyiapkan tempat hiburan ibu-ibu untuk bernyanyi/karokean
  3. Selain tempat permainan juga menyediakan bermacam-macam aneka  makanan maupun minuman yang dijual disana.

Dengan di bentuk nya tempat wisata ini, bisa mempekerjakan masyarakat sebagai karyawan, dan dapat menambah penghasilan warga masyarakat desa Sukomulyo.

Untuk biaya masuk sendiri untuk anak- anak tidak di kenakan tarif cukup orang tuanya saja, area parkir sangat luas dan aman. Terang Kepala Desa.

Untuk pengelolan wisata itu sendiri di jalankan oleh BUMDes serta di dukung penuh pemerintah desa, dan masyarakat Sukomulyo tutupnya.


Jurnalis : Jhonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *