KABAR DESA Provinsi Bengkulu REJANG LEBONG

Penyuluhan Narkoba Didesa Air Rusa, Bangkitkan Generasi Muda Yang Berjiwa, Berfikir dan Berinovasi Tanpa Narkoba

0 0
Read Time:2 Minute, 31 Second

Rejang Lebong | BuanaPost.com“Sedia payung sebelum hujan” Pribahasa yang mengajarkan kita untuk selalu mempersiapkan segala sesuatu terlebih dahulu sebelum terjadi hal-hal yang tidak baik atau yang tidak kita inginkan.

Penyuluhan,,, mungkin sebuah hal yang tidak asing lagi bagi kita semua. Penyuluhan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh BNN untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat, sekolah, kampus maupun instansi pemerintahan.

Proses penyuluhan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba serta menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba sedini mungkin, agar para generasi milenial tidak lagi mendekati narkoba setelah mengetahui akan dampak dan bahaya dari narkoba tersebut. Dan setelah terjadinya penyuluhan diharapkan adanya perubahan pada sikap, tingkah laku dan pengetahuan peserta penyuluhan.

Salah satunya didesa Air Rusa Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong, Rabu (08/06/2022) pukul 10.19 Wib, melaksanakan kegiatan penyuluhan Narkoba dengan tema ” Membangkitkan Generasi Muda Yang Berjiwa, Berfikir dan Berinovasi Tanpa Narkoba” kegiatan tersebut dilaksanakan tepatnya di kantor balai desa Air Rusa.

Yang mana kegiatan dihadiri Camat Sindang Dataran Anton Sefrizal, Kepala Desa Air Rusa Witono beserta perangkat desa Air Rusa, BPD, Kapolsek, Ka K.U.A, Ka pukesmas Sindang Dataran, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pemuda Pemudi Desa Air Rusa.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan untuk para pemuda pemudi didesa Air Rusa, guna diberikan wawasan terkait upaya mencegah penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Penyuluhan ini menjadi salah satu langkah antisipasi sejak dini terkait penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan berbahaya,” jelas camat sindang dataran Anton Sefrizal.

Selain itu penyuluhan ini menjadi ajang pemahaman bahaya dan dampak buruk yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba atau obat – obat berbahaya lainnya.

Ia menyampaikan masyarakat di desa yang jauh dari kota pun harus tahu tentang bahaya narkoba. Karena ini sangat membahayakan bagi kesehatan dan masa depan. Ujar Anton Sefrizal

Terpisah Kapolres Beringin Tiga Kabupaten Rejang Lebong, mengatakan penyuluhan ini untuk membentengi masyarakat dari pengaruh narkoba.

Harapannya, muncul kesadaran dan tekad yang kuat dari seluruh masyarakat sehingga berani menolak dan melawan jika ada peredaran narkoba yang masuk ke desa mereka.

Selain melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari bahaya narkoba, warga juga diimbau melaporkan jika mengetahui ada dugaan praktik transaksi narkoba. Tegas Kapolsek.

Disamping itu, kepala desa Air Rusa juga mengatakan, kami sangat mengapresiasi atas adanya perhatian Kapolsek beringin tiga kabupaten rejang Lebong, yang didampingi pihak puskesmas sindang dataran, untuk memberikan penyuluhan kepada pemuda pemudi didesa kami, semua ini dilakukan agar mereka para generasi muda dapat terhindar dari bahaya narkoba. Selain itu, juga dapat memberikan pemahaman terhadap penyalahgunaan narkoba kepada teman maupun sanak keluarga,” ungkap Kades Witono.

Kades mengajak orang tua untuk dapat mengawasi para generasi muda dalam menjalani pergaulannya di luar rumah, karena mereka merupakan aset berharga bagi kita, bangsa dan negara.

Ini peran kita bersama selaku orang tua agar dapat mendidik dan mengarahkan para generasi muda ke arah yang lebih baik, karena mereka yang akan meneruskan perjuangan dan pembangunan dinegara Indonesia. Jangan sampai rusak susu sebelanga akibat nila setitik, sebab sekali saja memiliki catatan di Kepolisian maka label itu tidak akan bisa hilang seumur hidup,” terang Kepala Desa Air Rusa Witono.


Jurnalis : Amir Hamzah

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.