BERITA UTAMA Health KABAR DESA REJANG LEBONG

Serbuan Vaksinasi TNI : Danramil 09/Binduriang Bersama Puskesmas Sindang Jati Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua di Desa Sindang Jati.

0 0
Read Time:3 Minute, 1 Second

Rejang Lebong | BuanaPost.com – Guna menanggulangi pandemi Covid-19, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan program vaksinasi. Kembali berpartisipasi melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Danramil 09/Binduriang Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/RL menggelar kegiatan vaksinasi covid-19 untuk masyarakat Kabupaten Lebong yang dilakukan bersama dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Sindang Jati Kabupaten Rejang Lebong. Jumat, (06/8/2021) kegiatan dilaksanakan di balai desa Sindang Jati.

Vaksinasi Tahap kedua ini diberikan sebanyak 160 warga yang mana dari Danramil 09/Binduriang berjumlah 90 warga dan dari Puskesmas Sindang Jati sebanyak 70 warga. Dari 160 warga itu terbagi dari 4 desa yaitu Sindang Jati, Sindang Jaya, Kayu Manis, dan desa Air Dingin. Jenis vaksin yang diberikan yaitu Jenis vaksin Astra Zeneca.

Kegiatan tersebut dihadiri Danramil 09/Binduriang Kapten Inf Tonny Antoni R beserta anggota, Kepala Desa Sindang Jati beserta perangkat, tim dari Puskesmas Sindang Jati, Babinsa, dan Bhabinkabtibmas.

Danramil 09/Binduriang Kapten Inf Tonny Antoni R, sebelum melaksanakan vaksinasi memberikan arahan agar mengikuti protokol kesehatan. Danramil berpesan agar masyarakat yang baru divaksin tetap menerapkan prokes Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas.

Dijelaskannya, vaksinasi/dosis tahap ke 2 ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong khususnya pada hari ini di 4 desa yang sedang dilaksanakan vaksinasi.

Selain itu ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) melalui program vaksinasi. Ujarnya

“Setiap warga yang akan divaksin harus melalui empat tahapan. Pertama daftar sesuai dengan KTP, skrining riwayat penyakit, tensi darah, suhu tubuh oleh Dokter sebelum menerima suntik vaksin, kemudian setelah Suntik vaksin warga harus menunggu selama tiga puluh menit untuk mengetahui perkembangan tubuh, setelah waktu tunggu 30 menit selesai, warga menerima surat bukti telah di vaksin” terangnya

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Sindang Jati dan juga Pemerintah Desa Sindang Jati atas dukungan dan kerjasama yang solid juga kepada vaksinator yang tanpa pamrih demi mewujudkan Indonesia Sehat.

“Tetap terapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi. Semoga dengan dilaksanakannya vaksin ini masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong Khususnya di 4 Desa pada hari ini segera pulih dari pandemi Covid-19,” katanya.

Selain itu, selaku penanggungjawab vaksinator Puskesmas Sindang Jati Noni A.Md Keb. menuturkan harapannya, “Semoga setelah vaksinasi dilaksanakan, kasus COVID-19 dapat menurun dan masyarakat menjadi sehat,” tuturnya.

Noni juga menjelaskan dari jumlah kuota 160 orang untuk divaksin hari ini nama-nama sudah terdata yang telah dilakukan vaksinasi jenis vaksin Astra Zeneca dengan dosis vaksin kedua yaitu dari Desa Sindang Jati, desa Sindang Jaya, desa Kayu Manis, dan desa Air Dingin, yang mana dilaksanakan sesuai dengan Instruksi pemerintah untuk dilakukan vaksinasi covid 19.

“ Semoga setelah divaksin kedua ini, imun tubuh kita semakin meningkat tetap patuhi disiplin prokes. Jangan takut Covid-19 bukan hal yang yang mengerikan jangan takut, dan harus jujur, karena Covid-19 bukan aib. Pencegahan covid 19 tetap harus diterapkan sehari-hari,” Harapannya

Disamping itu, Kami Pemerintah Desa Sindang Jati mengucapkan Terimakasih yang sedalam dalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan vaksinasi ini, serta kami juga berterimakasih kepada Warga Masyarakat yang telah berpartisipasi dan antusiasme nya dalam kegiatan ini.

Dan juga bagi Warga Masyarakat yang belum dapat berpartisipasi dalam 2 Tahap vaksinasi ini kami mohon bersabar menunggu vaksinasi tahap berikutnya. Tutup Kades Sugiarto.

“Saya terharu dan bangga, karena warga sangat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 ini walaupun di tengah beredarnya hoax negatif tentang vaksin tersebut di media sosial (medsos) khususnya warga di desa kami sangat antusias dalam melaksanakan vaksinasi” kata Kades Sugiarto.


Jurnalis : Amir Hamzah

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.