BERITA UTAMA DAERAH Economy KABUPATEN MUSI RAWAS

Tingkatkan Perekonomi Masyarakat dan PAD. BUMD PT Mura Sempurna Buka Ramp Sawit

0 0
Read Time:1 Minute, 8 Second

Musi Rawas | BuanaPost.com – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Musi Rawas (Mura) Sempurna Perseroda Kabupaten Mura membuka 13 tempat jual beli tandan buah segar (TBS) atau RAMP sawit hasil perkebunan masyarakat atau petani kelapa sawit (PKS). Tujuannya, disamping untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Mura Sempurna Perseroda Kabupaten Mura, H Andrianto saat diwawancarai, Kamis (31/3) diruang kerjanya.

Dikatakannya, bahwa untuk saat ini pihaknya menggandeng kerjasama operasional (KSO) membuka 13 ramp sawit atau timbangan sawit yang tersebar di Kabupaten Musi Rawas desa- Desa , Muara Kelingi, Pelawe, Lubuk Muda, Babat, Semangus dan lainnya.

Menurut ia, untuk pola kerjasama ini yakni masyarakat atau Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) mengajukan permintaan ke BUMD. Dimana, bila memang berpotensi maka pihaknya akan mensuport baik timbangan maupun penyertaan modal dengan catatan harus ada jaminan.

Selain Ramp sawit, maka pihaknya juga akan membuka usaha lain yakni jaringan gas rumah tangga (JARGAS-RT) di Kecamatan Sukakarya untuk operasional dan pemeliharaannya dikembalikan ke BUMD seperti yang dilakukan BUMD Prabumulih dan Palembang.

Mengenai syarat untuk pengajuan kerjasama atau kemitraan dengan BUMD sendiri. Maka dirinya mengakui kalau sektor gas diajukan ke pertamina. Namun kalau Ram sawit dengan catatan harus menyanggupi baik lahan dan pengelolaannya.

Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya kemitraan usaha oleh BUMD ini maka diharapkan dapat meningkatkan PAD sekaligus perekonomian masyarakat di Desa tersebut.


Jurnalis : Jhonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.