KABAR DESA KABUPATEN MUSI RAWAS

Untuk Mensejahterakan Ekonomi Masyarakat, Kepala Desa Zulkipli Lubis Fokuskan Bumdes Perkebunan Sawit

0 0
Read Time:1 Minute, 36 Second

Musi Rawas | BuanaPost.com – Kamis, (21/10/2021). Memaksimalkan Sawit lewat Bumdes, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) desa rantau alih sudah memiliki perkebunan sendiri, Bumdes yang berdiri 2018, yang di bentuk oleh kepala desa sebelumnya, Siti Suhaimah. alm. sudah hampir 4 tahunan berjalan perkebunan sawit itu sendiri sekarang di ambil alih kepala desa yang baru Zulkipli Lubis, atas kepemimpinan beliau Bumdes itu sendiri berjalan dengan baik serta membentuk menajemen yang baik.

Perkebunan sawit itu sendiri hampir mencapai 9 hektaran, sampai sekarang ini sudah menuai hasil, berbuah pasir sudah satu kali panen hingga mencapai 2. 5 ton per satu kali panen.

Saat camat Kecamatan Sukakarya. M. Setiawan S.Com.Msi meninjau perkebunan tersebut, beliau sangat takjub dengan keberadaan perkebunan milik Bumdes desa rantau alih yang di hampari pohon sawit yang cukup subur.

Salah satu program strategis pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di perdesaan ialah dengan memberdayakan badan usaha milik desa (Bumdes). Karena itu, sejumlah kabupaten kini telah menggiatkan Bumdes di Kabupaten masing-masing, pemberdayaan terhadap Bumdes terus digiatkan di desa terutama di kabupaten Musi Rawas desa Rantau Alih Kecamatan Sukakarya.

Desa rantau alih sendiri memiliki bermacam usaha pertokoan jual beli sembako, namun salah satu di antaranya Bumdes andalan untuk ke depan yaitu perkebunan sawit ini sendiri, agar nantinya bisa memberikan pendapatan daerah (PAD) sendiri. Jelas Zulkipli Lubis.

“Sejak ditangani Bumdes, perkebunan sawit itu mendapat perawatan yang bagus, seperti pemupukan, perawatan, hingga panen dikerjakan kelompok masyarakat desa.

Uang hasil penjualan itu digunakan untuk membayar upah pekerja, seperti untuk panen dan buang pelepah, bayar upah anggota Bumdes, serta membeli pupuk batang sawit setelah itu sisanya kembali ke kas desa.

“Tujuan kepala desa untuk kedepannya Bumdes itu sendiri nantinya demi kesejahteraan masyarakat desa rantau alih agar setiap masyarakat desa menerima bantuan dari hasil panen sawit tersebut”

Harapannya untuk nanti di saat panen agung zulkipli lubis mengundang Bupati Musi Rawas Hj Ratna Mahmud untuk panen raya di kebun sawit milik desa itu tutupnya.


Jurnalis : Jhonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.