Health KABAR DESA REJANG LEBONG

Antusiasme Masyarakat SBU Laksanakan Vaksinasi Masal Covid-19 Di Desa Lawang Agung

0 0
Read Time:2 Minute, 57 Second

Rejang Lebong | BuanaPost.com – Guna menanggulangi pandemi Covid-19, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah adalah dengan melakukan program vaksinasi. Dalam rangka mempertimbangkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong yang masih berpotensi berkembang luas di masyarakat, serta memperhatikan peraturan dan kebijakan Pemerintah terkait dengan pelaksanaan pemenuhan Vaksinasi Covid-19. Berkenan dengan hal tersebut, demi keselamatan kita bersama serta sebagai bentuk pencegahan dan pengendalian Covid-19, pada hari ini Rabu, (10/2021). Puskesmas Tanjung Agung Kembali berpartisipasi melaksanakan vaksinasi masal Covid-19 tahap pertama untuk masyarakat/warga Kecamatan Sindang Beliti Ulu yang dilaksanakan tepatnya di Desa Lawang Agung yang mana kegiatan dilaksanakan tepatnya di kediaman kepala desa Lawang Agung.

Vaksinasi Tahap ini sebanyak 220 warga (anak-anak diatas usia 12 Tahun, dewasa ibu hamil, hingga lansia). Dari 220 warga itu terbagi dari 3 desa yaitu warga Desa Lawang Agung, Desa Lubuk Alai dan Desa Karang Pinang. Jenis vaksin yang diberikan yaitu Jenis vaksin Sinovac.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa beserta Staf desa Lawang Agung, BPD beserta anggota, Babinsa, Tim Puskesmas Tanjung Agung, dan dibantu Satpol PP Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, Kepala Desa Lawang Agung Adi Bing Selamet, sebelum melaksanakan vaksinasi memberikan arahan agar mengikuti protokol kesehatan. Ia berpesan agar masyarakat yang baru divaksin tetap menerapkan prokes Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas.

Dijelaskannya, vaksinasi tahap 1 ini diberikan untuk anak-anak diatas usia 12 tahun lansia, ibu hamil dan juga remaja, jenis yang diberikan yaitu vasinasi sinovac, ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong khususnya pada hari ini yang sedang dilaksanakan vaksinasi.

” Selain itu ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) melalui program vaksinasi.” Ujarnya

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Tanjung Agung dan juga Pemerintah Desa Lawang Agung serta anggota Satpol PP atas dukungan dan kerjasama yang solid juga kepada vaksinator yang tanpa pamrih demi mewujudkan Indonesia Sehat.

“Tetap terapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi. Semoga dengan dilaksanakannya vaksin ini masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong Khususnya di Kecamatan Sindang Beliti Ulu ( SBU) pada hari ini segera pulih dari pandemi Covid-19,” katanya.

Selain itu, selaku penanggungjawab vaksinator Puskesmas Tanjung Agung dr, Selvi Sulistianingsi. menuturkan harapannya, “Semoga setelah vaksinasi dilaksanakan, kasus COVID-19 dapat menurun dan masyarakat menjadi sehat,” tuturnya.

Selvi juga menjelaskan dari jumlah kuota ±220 orang untuk divaksin hari ini nama-nama sudah terdata yang telah dilakukan vaksinasi jenis vaksin Sinovac dengan dosis vaksin pertama Se-Kecamatan Sindang Beliti Ulu, yang mana dilaksanakan sesuai dengan Instruksi pemerintah untuk dilakukan vaksinasi covid 19.

“ Semoga setelah divaksin pertama ini, imun tubuh kita semakin meningkat tetap patuhi disiplin prokes. Pencegahan covid 19 tetap harus diterapkan sehari-hari dan besar harapannya agar kedepannya warga lebih mempunyai kesadaran sendiri,” Harapannya dr.  Selvi Sulistianingsi.

Disamping itu, Pemerintah Desa Lawang Agung mengucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan vaksinasi ini, serta kami juga berterimakasih kepada Warga Masyarakat yang telah berpartisipasi dan antusiasme nya dalam kegiatan ini.

Dan juga bagi Warga Masyarakat yang belum dapat berpartisipasi dalam tahap pertama vaksinasi ini kami mohon bersabar menunggu vaksinasi tahap berikutnya. Tutup Kades Adi Bing Selamet.

“Saya terharu dan bangga, karena warga sangat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 ini walaupun di tengah beredarnya hoax negatif tentang vaksin tersebut di media sosial (medsos) khususnya warga di desa kami sangat antusias,” kata Kades Adi Bing Selamet.


Jurnalis : Amir Hamzah

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.