KABAR DESA REJANG LEBONG

Opname Pembukaan Badan Jalan Usaha Tani Di Desa Taba Tinggi

0 0
Read Time:2 Minute, 10 Second

Bengkulu – Rejang Lebong | BuanaPost.comSenin (18/10/2021). Desa Taba Tinggi Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong, yang dipimpin oleh kepala Desa Diri Saraan. Dengan anggaran Dana Desa tahun 2021 melakukan pengerjaan pembukaan jalan baru, jalan usaha tani dengan ukuran sepanjang 7,800 M × 5 Meter.

Pembukaan jalan baru atau Jalan Usaha Tani yang dianggarkan dari Dana Desa tahun anggaran 2021 ini, bertujuan agar bisa memperlancar akses usaha petani dan memudahkan para petani dalam mengangkut hasil pertanian, mengingat jalan baru tersebut paling banyak petani yang menghasilkan kopi,

Bukan haya itu, masyarakat luar pun juga ikut merasakannya jalan usaha tani tersebut. Jalan usaha tani tersebut sudah mencapai 80% pengerjaannya sudah di lakukan opname senin,(18/10), yang di hadiri pihak kecamatan, pendamping desa PDTI, unsur POLRI Bhabinkamtibmas,TNI Babinsa, Kepala Desa Taba Tinggi Diri Saraan, BPD dan pemerintah desa serta perwakilan dari toko masyarakat.

Ada pun maksud opname tersebut, untuk mengecek kelayakan serta apakah benar-benar sesuai serta mengontrol kegiatan infrastruktur tentang pengunaan dana desa supaya tidak melenceng dari R.A.B.

Tujuan utama opname yaitu untuk mengaetahui pencapaian pengerjaan sebatas mana pengerjaan yang di kerjakan selain memberikan justifikasi kelayakan pengerjaan serta merekomendasi apa saja perbaikan-perbaikan yang di benahi.

” Tujuan kegiatan sebagai upaya bentuk deteksi sampai mana kesesuaian perencanaan pelaksanaan pengerjaan serta melakukan kontrol sosial atas pengelolaan keuangan desa.”

Sementara itu perwakilan pihak kecamatan menjelaskan infrastruktur pengerjaan jalan tersebut saat ini sudah mencapai 80% pengerjaan serta sudah di lakukan pengecekannya berjalan sesuai rencana tidak ada indikasi serta sesuai dengan ril. Hingga untuk pencapaian 100% nanti kami dari kecamatan maupun TNI, POLRI sama-sama mengecek/ mengontrol untuk pencapaian pengerjaan 100% jalan usaha tani tersebut.

Di tempat yg sama Diri Saraan, menjelaskan pembukaan jalan dari awal trans baru sampai ke ujung, namun tujuan saya inginnya nanti jalan baru tersebut sampai ke desa, sehingga masyarakat bisa merasakan jalan yang mulus, mengingat bermacam-macam pengasilan petani seperti buah-buahan, durian, sawit dan terutama kopi di dalam paling banyak berperoduksi terangnya kepada awak media BuanaPost.com, 

Menurut Diri Saraan bahwa dengan membuka Jalan Usaha Tani Ini maka masyarakat tidak Kesulitan lagi dalam mengangkut hasil pertanian berupa kopi, buah durian, sawit pribadi milik petani serta tanaman perkebunan dan kehutanan lainnya.

Dengan dilakukannya pembuatan jalan tersebut yang mana selama ini mereka menginap di kebun masyarakat bisa pulang pergi untuk mengangkut hasil pertanian mereka, kepala desa juga menjelaskan kalau buah kopi panen selama ini biasanya yang di keluarkan petani untuk mengangkut hasil panen terlalu tinggi bahkan mencapai 1500/ kg nya. Setelah diselesaikannya jalan tersebut mereka dapat mengangkut hasil panen mereka dengan mengunakan mobil dan motor. Ujar Diri Saraan.


Jurnalis : Jonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.