KABAR DESA REJANG LEBONG

Desa Belumai 2 Laksanakan Opname Kegiatan Fisik Desa Tahap 1,Tahun Anggaran 2021

0 0
Read Time:2 Minute, 14 Second

Rejang lebong – Padang Ulak Tanding | BuanaPost .com– Jum’at (08/10/2021). Kegiatan Opname Pembangunan Infrastruktur pisik Desa Belumai 2, Tahap 1 bersumber dari Dana Desa (DD) Transparansi dan Akuntabilitas jenis yang di kerjakan tahun 2021 yaitu :

  1.  Pembuatan Drainase / Spal dengan panjang 125 cm × 50 cm × 150 cm. Pembuatan drainase tersebut sangat efektif, guna melancarkan pembuangan sehingga saat hujan air tidak tergenang lagi. Kemudian tim bergerak ke pembangunan pisik berikutnya berupa
  2.  Pembuatan satu unit jembatan 6,25 meter terletak di dusun 3, jalan usaha tani, sumber dana dana desa (DD) tahun anggaran 2021, pelaksana teknis pengelolaan keuangan desa, serta di lanjutkan
  3.  Pembuatan plat deucker sebanyak 7 unit, sumber dana silpa Dana Desa. Tim teknis pelaksana pengelolaan keuangan desa, yang di kerjakan oleh masyarakat desa Belumai 2.

Acara Opname tersebut yang di hadiri, dari pihak kecamatan padang ulak tanding yang di wakili kasi pemerintahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dengan di dampingi TA dan Pendamping Desa ( PD ), kepala Desa Supini, ketua BPD serta toko masarakat desa,

Tujuan pengecekan pembangunan infrastruktur, kegiatan pisik di desa belumai 2 (Opname) tersebut dilakukan untuk mengetahui dan memeriksa apakah infrastruktur yang dibangun sesuai dengan RAB atau tidak.

Selain tujuan utamanya yaitu untuk mengetahui capaian volume pekerjaan, kualitas pekerjaan dan serapan anggaran, juga memberikan justifikasi kelayakan pekerjaan dan rekomendasi perbaikan-perbaikan. Ini adalah bentuk pengendalian pelaksanaan atas rencana kegiatan, sebagai upaya bentuk deteksi dini sampai sejauh mana kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pekerjaan, serta melakukan kontrol sosial atas pengelolaan keuangan Desa.

Kepala Desa Belunai 2, Ibu Supini pada kesempatan ini ia mengatakan hari ini Alhamdulillah Pemerintah Desa Belumai 2 melaksanakan Opname pembangunan, drainase/Spal, Pembangunan 1 unit jembatan, serta pembuatan Plat Deucker sebanyak 7 unit, yang mana pembangunan tersebut menuju jalan usaha tani terletak di dusun 3 didesa belumai 2. Dan Alhamdulillah setelah selesainya dilakukan nya pengopnameman hasilnya sesuai dengan RAB, dengan rencana definitif yang di kerjakan oleh masarakat desa sendiri. Jelasnya.

“Dengan kata lain Opname untuk meminimalisir, jangan sampai terjadi penyimpangan, sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat untuk lebih dapat melakukan kontrol sosial atas pengelolaan keuangan desa”

Maka untuk mewujudkannya, pengawasan yang maksimal hanya akan dapat dilakukan oleh masyarakat sendiri, dari masarakat dan untuk masarakat. Jelasnya Supini.

Sementara itu dari pihak kecamatan yang di wakili kasih kepemerintahan, ia mengatakan pembangunan fisik tahap 1 tahun anggaran 2021 hari ini kita sudah melakukan Opname pelaksanaannya berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana.

Lanjutnya, untuk tahap pertama hampir mencapai pencapaian pelaksanaannya dan saya berharap ini nanti memang betul-betul dengan sesuai dari rencana, jangan ada melenceng dari RAB.

Ia juga meminta bersama pihak media, pihak-pihak lainnya termasuk kami unsur tripika marilah kita sama-sama kawal untuk pembangunan di desa belumai 2, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong khususnya.


Jurnalis : Jhonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.