KABAR DESA KABUPATEN MUSI RAWAS

Musrenbangdes Tahun 2022 Desa Widodo Sukses Digelar

0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

Musi Rawas – Sum-sel | BuanaPost.com – Senin, (01/11/2021). Musrenbang desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan atau berikutnya.

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan musrenbang desa diantaranya adalah rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Desa, kinerja implementasi rencana tahun berjalan serta masukan dari peserta yang menggambarkan permasalahan dan tantangan nyata yang sedang dan akan dihadapi.

Bertempat di Balai Desa WIDODO Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatra Selatan, Pemerintah Desa widodo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) untuk Tahun 2022, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam implementasi Rencana Pembangunan Jangka menengah Desa (RPJM-Desa). Perencanaan Desa Tahun 2022 merupakan dari Program kegiatan RPJM-Desa tahun 2021-2027. Musyawarah perencanaan pembangunan desa ini merupakan rangkaian acara penyusunan RKP-Desa yang dimulai dari Proses Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Tahunan yang telah dilaksanakan yang lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri pihak kecamatan, Pemerintah Desa beserta staf, kepala desa SUBIYANTO, Ketua BPD beserta anggota, Pendamping Desa, Pendamping Kecamatan, Bhabinkabtibmas, Babinsa Toko agama, Toko masyarakat, toko pemuda dan toko wanita serta masyarakat Desa Widodo.

Tujuan Musrenbang desa ini untuk menampung aspirasi masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan pada tingkat dusun, menetapkan prioritas kegiatan desa yang akan dibiayai oleh Alokasi Dana Desa, Dana Desa atau sumber pendanaan lainnya serta menetapkan prioritas kegiatan yang akan diajukan untuk dibahas pada Musrenbang Kecamatan.

Seperti yang disampaikan Kepala Desa SUBIYANTO. pada sambutannya, kegiatan Musrenbang desa ini diharapkan bisa menampung aspirasi masyarakat untuk desa lebih maju. Beliau juga menghimbau kepada undangan, silahkan saja apa yang ingin nantinya di usulkan, pemerintah desa akan menampung aspirasi usulan tersebut yang mana menjadi prioritas,

Ia juga menjelaskan usulan-usulan masyarakat desa terkhususnya desa widodo tidak ada batasannya dengan adanya usulan usulan,pem-des bisa menampungnya usulan tersebut,selagi usulan tersebut tidak berbenturan dengan apa yang menjadi prioritas pengunaan dana desa, itu silakan saja,nanti pemerintah desa akan menindak lanjutkan ke musrenbang tingkat kecamatan, terangnya

Selanjutnya ia juga menyampaikan kepada masyarakat desa, MusrenbangDes Penetapan RAPBDES 2021 dan Rancangan Kegiatan Tahun 2022 Desa yang tujuannya membangun dan memakmurkan desa kita sendiri. Tentunya, apa yang perlu direncanakan untuk kegiatan 2022, silahkan diusulkan sebanyak-banyaknya.

Ia juga menambahkan, “siapa lagi yang akan membangun desa kalau bukan kita sendiri. Mari lah kita bersama-sama mengembangkan desa kita dengan inovasi-inovasi untuk pembangunan kedepannya guna kemakmuran desa kita”.

Ia juga mengharapkan agar kedepannya dengan dilakukannya Musrenbangdes ini tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga tidak ada dusta di antara kita “tutupnya”.

” Acara berlangsung lancar, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dengan tetap memakai masker saat kegiatan berlangsung.”


Jurnalis : Jhonny.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.