Health KABAR DESA REJANG LEBONG

Desa Ujan Panas Gelar Deklarasi Open Defecation free, Stop BAB Sembarangan

0 0
Read Time:3 Minute, 9 Second

Rejang lebong | BuanaPost.com – Selasa, (05/10/2021). Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Di Desa Ujan Panas Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan tersebut didatangi langsung dari tim Dinkes Kabupaten Rejang Lebong dan BLUD UPT Puskesmas Padang Ulak Tanding.

Kabid tugas kesehatan lingkungan dalam kata sambutannya menjelaskan, harapkan penerapan sanitasi total berbasis masyarakat didalam upaya mewujudkan desa terhindar dari BAB sembarangan, supaya masyarakat desa tidak ada lagi BAB nya di sembarangan tempat. Program kementrian kesehatan yang akan menjadi misi kabupaten yang sehat, untuk pencapaian saat ini sudah hampir 45% dari 60% yang diharapkan untuk 40% lainnya akan di bagi ke bidang-bidang lain seperti sarana air bersih dan penyulingan sampah masyarakat. Jelasnya.

Namun disini juga untuk proses pendataan bagi masyarakat yang harus memenuhi kriteria, selain memaparkan tujuan tersebut serta menjelaskan bagaimana kriteria yang harus di pahami serta kebiasaan BAB yang baik bagi warga yaitu :

  1. Jamban Sehat Permanen (BSP)
  2. Jamban Sehat Semi Permanen.
  3. Jamban Seng Sengan/Menumpang.

Melalui proses yang di jalani, serta pemahaman masyarakat tim kesehatan kabupaten dan tim BLUD UPT puskesmas padang ulak tanding melalui kepala desa hujan panas beserta toko adat, toko agama, toko masyarakat, serta toko tim PKK, membacakan deklarasi pernyataan bahwa warga untuk kedepannya apabila ada BAB sembarangan akan siap kena sangsi.

Kepala Desa ujan panas Johan Supri yang di dampingi dan disaksikan langsung oleh toko toko masyarakat desa, membacakan perjanjiannya, ada enam poin perjanjian yaitu menyatakan :

  1. Pada hari ini dan seterusnya kami masyarakat desa ujan panas tidak melakukan BAB sembarangan yang dapat mencemari lingkungan desa kami.
  2. Kami sadar bahwa perilaku BAB sembarangan merupakan perbuatan yang dapat merugikan seluruh masyarakat dan juga keluarga serta orang lain di sekitar desa kami.
  3. Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan derajat kesehatan merupakan tanggung jawab kami, untuk itu kami akan senantiasa melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan kami.
  4. Jika ada dari masyarakat yang masih melakukan BAB di sembarangan tempat yang dapat mencemari lingkungan desa kami, akan mendapat sangsi sesuai dengan kesepakatan kami.
  5. Semoga dengan semangat serta kemampuan yang kami miliki desa kami akan siap menjadi contoh bagi siapapun termasuk bagi seluruh masyarakat kabupaten rejang lebong.
  6. Semoga niat tulus kami akan mendapat kan kemudahan dan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa aamin.

Demikian isi peryataan dan di tanda tangani toko masyarakat, toko adat, toko agama, toko perempuan, dan di ketahui kepala desa ujan panas Johan Supri.

Akses sanitasi desa ujan panas dideklarasikan sebagai Desa Open Defecation free. Deklarasi ODF merupakan pernyataan desa yang telah bebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat, setelah memenuhi proses verifikasi yang diadakan pendataan kerumah- rumah yang akan di data oleh tim desa serta kadus-kadus, nantinya pihak dari kabupaten memberikn bantuan ke setiap masyarakat yang belum mempunyai jamban sehat yang permanen, yang nantinya akan di ajukan ke dinas kesehatan kabupaten rejang lebong tahun 2022.

ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) khususnya pilar pertama atau stop buang air besar sembarangan bisa dilakukan dengan berbagai upaya BLUD, UPT puskesmas padang ulak tanding di dalam kegiatan ini sangatlah mendukung penuh apa yang di wacanakan kementrian kesehatan, serta yang akan menjadi misi kabupaten rejang lebong muda-mudahan di tahun 2022 untuk wilayah Kabupaten Rejang Lebong lebih khususnya Kecamatan Padang Ulak Tanding, warga lebih sadar serta apa pentingnya hidup sehat.

Kepala desa ujan panas juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak terkait dalam kerja samanya, sehingga desa kami untuk kedepannya akan menjadi desa bebas dari penyakit serta menjadi desa yang kuat dan sehat. Mewujudkan keluarga sehat dan terbebas dari buang air besar sembarangan. Tutupnya

Jurnalis : Jhonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.