KABAR DESA KABUPATEN MUSI RAWAS

Musrenbangdes TH 2022 Desa Srimulyo Memprioritaskan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

0 0
Read Time:2 Minute, 32 Second

Musi Rawas | BuanaPost.com – Senin, (04/10/2021). Musdes Penyusunan RKPDes TA 2022, yang di gelar di balai desa Srimulyo Kecamatan Terawas yang dihadiri pihak kecamatan terawas di wakili kasih PMD Romaidi, pendamping lokal Desa, pemerintah desa, kepala desa Hamdani, ketua BPD, toko adat, agama, pemuda, pendidikan, dan toko perempuan desa Srimulyo.

Dalam kesempatan ini Hamdani selaku Kepala Desa yang di dampingi ketua BPD, menerima apa saja yang menjadi usulan usulan warganya, tanpa terkecuali. Usulan-usulan yang disampaikan yang di utamakan yang menjadi prioritas.

Desa Srimulyo melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2022. Agenda tersebut berlangsung di balai desa, pada Senin, (4/10/2021).

Pelaksanaan Musdes RKP Desa mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendes PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Musdes RKP Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Srimulyo untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang.

Musdes dibuka langsung oleh Camat yang di wakili kasih PMD Romaidi, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa penyusunan RKP Desa tahun 2022 harus benar-benar dilakukan secara transparan serta usulan-usulan skala prioritas dari masyarakat untuk kepentingan masyarakat yang harus diutamakan.

“Kita mengharapkan pemerintah dan masyarakat peserta Musdes yang memiliki hak suara agar benar-benar memperhatikan program kegiatan prioritas yang dapat mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa, tetap mengacu pada RPJMDes serta sandingkan dengan RPJMD. Jelas Rumaidi.

Di kesempatan yang sama kepala desa Hamdani, menyampaikan syukur alhamdulilah hari ini kita dapat melaksanakan musyawarah desa penyusunan RKP Desa Srimulyo tahun 2022. Kegiatan ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa. Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) merupakan dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan di desa dan mengarahkan pencapain tujuan, visi dan misi desa. Sehingga dengan RKP Desa ini pembangunan desa sesuai arahan dan tujuan untuk mencapai tujuan bersama, baik masyarakat desa maupun daerah.
Beliau berharap melalui musyawarah desa penyusunan RKP Desa 2022, bisa menjaring aspirasi seluruh warga masyarakat Desa Srimulyo serta berharap dengan usulan prioritas yang disepakati nantinya bisa untuk saat ini desa hanya menampung saja yang mana menjadi usulan tersebut nanti akan melalui Musrenbangcam, kemudian nanti di tingkat kabupaten, yang mana menjadi prioritas yang di utamakan dan juga harus batas kemampuan Dana Desa.

Adapun yang disampaikan oleh masyarakat pada musrenbangdes tersebut usulan-usulan masyarakat diantaranya :
1. Masalah kesehatan/stanting, mengingat masa pemulihan covid-19, pemendes Srimulyo harus memprioritaskan .
2. Pemulihan Ekonomi.
3. Peningkatan SDM/UMKM, seperti alat mekanik, alat las.

4. Sarana Air Bersih/gas
5. Untuk sektor kepemudaan pengembangan wisata daerah, agar kedepannya lebih baik lagi, penanaman modal melalui Bumdes.
6. Pasar desa.
7. Meningkatkan sektor pendidikan desa.
8. Penerangan desa/ lampu jalan.
9. Pengaspalan maupun peningkatan ispratuktur desa. dan Memperhatikan adat, toko agama dan banyak lagi.

Namun usulan- Usulan tersebut nantinya kita sangat berharap kepada tim penyusun, agar kiranya dapat bekerja dengan maksimal, agar apa yang menjadi usulan prioritas itu yang diutamakan, sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama demi tercapainya desa yang di harapkan.Terangnya.


Jurnalis : Jhonny

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
FacebooktwitterpinterestlinkedinmailFacebooktwitterpinterestlinkedinmail

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.